OBJECT ORIENTED PROGRAMMING - 1
LAPORAN
PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN
WEB DINAMIS ( PMI1312 )
OBJECT
ORIENTED PROGRAMMING - 1
Minggu 9
Dosen pengampu Tri Sandhika Jaya,
S.Kom, M.Kom
NAMA :
AGA RIZALDO MAHENDRA
NPM :
19753002
KELAS :
MI 3A
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN
EKONOMI DAN BISNIS
POLITEKNIK
NEGERI LAMPUNG
2020
Puji syukur
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya
dapat menyelesaikan laporan yang berjudul Object Oriented
Programming – 1 ini tepat pada waktunya.
Adapun tujuan dari penulisan dari
makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dosen bapak Tri
Sandhika Jaya, S.Kom, M.Kom pada pemrograman
web dinamis. Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan bagi
para pembaca dan juga bagi penulis.
Saya mengucapkan terima kasih kepada
bapak Tri Sandhika Jaya, S.Kom, M.Kom selaku dosen Pemrograman
web dinamis yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat
menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.
Saya juga mengucapkan terima kasih
kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya
dapat menyelesaikan laporan ini.
Saya menyadari, laporan yang saya
tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang
membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini.
Bandar
Lampung, November 2020
Penulis
DAFTAR
ISI
BAB I
PENDAHULUAN
Saat ini
konsep object-oriented
programming (OOP) sudah
semakin berkembang. Hampir
setiap perguruan tinggi di dunia
mengajarkan konsep OOP pada
mahasiswanya. Sejarah
perkembangan OOP dimulai pada tahun 1966 saat Ole Johan Dhal dan Kristen
Nygaard dari universitas Olslo, norwegia menerbitkan sebuah jurnal kertas kerja
dengan judul "SIMULA An Algol Based Language". OOP merupakan suatu
pendekatan pemrograman yang
menggunakan object dan class. Dalam OOP,
setiap bagian dari
program adalah object. Sebuah
object mewakili suatu bagian
program yang akan
diselesaikan. Program dalam OOP
membungkus (encapsulate) data
dan fungsi (atau prosedur) dalam
suatu obyek yang umumnya diimplementasikan sebagai suatu kelas (class).
Istilah-istilah yang akan sering dijumpai dalam OOP
adalah Class, Object, Property, dan Method. Membuat aplikasi dengan menggunakan
konsep OOP bisa diibaratkan dalam dunia
nyata dengan membuat
atau memproduksi mobil.
Yang mana sebelum membuat mobil,
diperlukan adanya desain atau sketsa tampilan mobil, inilah yang disebut dengan Class. Sketsa tersebut
menggambarkan tentang warna,
ukuran, jumlah roda dari
mobil, inilah yang
disebut dengan Property. Sketsa
tersebut juga menjelaskan tentang
apa yang nantinya bisa dilakukan oleh mobil seperti berjalan dengan roda,
mengerem, membunyikan klakson
dsb.., apa yang
bisa dilakukan oleh
mobil inilah yang
disebut dengan Method. Kemudian,
sketsa tersebut dikirimkan ke
pabrik untuk dibuatkan bentuk fisiknya yaitu mobil, mobil – mobil hasil
produksi inilah yang disebut dengan Object.
B.
PEMECAHAN MASALAH
Beberapa
dari kami belum mengetahui apa itu Object Oriented Programming – 1.
C. TUJUAN
Tujuan
dari pembuatan laporan ini supaya memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen
saya, dan dapat memahami apa itu Object Oriented Programming – 1.
Untuk dapat menguasai pemrograman Java, harus mengerti
dengan baik konsep pemrograman berorientasi
objek, karena Java
merupakan bahasa pemrograman
berorientasi objek. Pada bagian ini akan dibahas konsep-konsep penting dalam
pemrograman berorientasi objek, sehingga diharapkan akan lebih mudah dalam mempelajari
bahasa Java. Beberapa konsep OOP dasar,
antara lain Encapsulation (Class and Object), Inheritance (Penurunan sifat),
Polymorphisme, Access Modify, Constructor, Destructor, Static Properties, super
class serta sub class.
BAB III
HASIL DAN
PEMBAHASAN
·
Buatlah sebuah
kelas kendaraan kemudian deklarasikan property dengan nama berikut :
jumlahroda, warna, bahanbakar, harga, dan merek.
·
Lalu tambahkan
property tahunpembuatan
·
Buatlah function
didalam kelas kendaraan dengan nama dapatSubsidi() untuk menentukan suatu
kendaraan dapat subsidi BBM atau tidak. Kendaraan yang dapat subsidi adalah
kendaraan yang berbahan bakar PREMIUM dan tahun pembuatan diatas 2005.
· Buatlah function di kelas kendaraan untuk menentukan harga second dari kendaraan dengan nama hargaSecond(). Jika tahun pembuatannya 2005 ke atas, maka harga second turun 20% dari harga asli. Jika tahun pembuatannya 2000-2005, maka harga second turun 30% dari harga asli. Jika tahun pembuatannya 2000 kebawah, maka harga second turun 40% dari harga asli.
Dari class ‘kendaraan’ diatas, Buatlah obyek dengan
beberapa property sbb.
Obyek |
Merek |
Jml roda |
Harga |
Warna |
Bhn Bakar |
$kendaraan2 |
Toyota Yaris |
2 |
160000000 |
Merah |
Premium |
$kendaraan3 |
Honda Scoopy |
4 |
13000000 |
Putih |
Premium |
$kendaraan4 |
Isuzu Panther |
4 |
170000000 |
Hitam |
Solar |
1.
Perhatikan kembali
soal latihan sebelum pada bab 5. Tampilkan stastus harga dari $kendaraan2, $kendaraan3,
$kendaraan4
2.
Perhatikan kembali
soal latihan pada bab 3 nomor 3. Tampilkan harga second dari $kendaraan2, $kendaraan3,
$kendaraan4
Berdasarkan objek yang telah dibuat, tampilkan
property setiap objek sedemikian hingga tampilan script apabila dijalankan di
browser sebagai berikut:
·
Kendaraan Toyota
Yaris, memiliki 4 roda, berbahan bakar Premium dan Harganya Rp. 160000000
·
Kendaraan Honda
Scoopy, memiliki 2 roda, berbahan bakar Premium dan Harganya Rp. 13000000
·
Kendaraan Isuzu
Panther, memiliki 4 roda, berbahan bakar Solar dan Harganya Rp. 170000000
Hasil :
BAB IV
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Object Oriented Programming (OOP) merupakan suatu
pendekatan pemrograman yang
menggunakan object dan class. Dalam OOP,
setiap bagian dari
program adalah object. Sebuah
object mewakili suatu bagian
program yang akan
diselesaikan. Program dalam OOP
membungkus (encapsulate) data
dan fungsi (atau prosedur) dalam
suatu obyek yang umumnya diimplementasikan sebagai suatu kelas (class).
deslyanto-mangallo , Agustus 13, 2017 “MAKALAH
KONSEP DASAR OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING (OOP).” http://deslyanto-mangallo.blogspot.com/2017
/08/makalah-konsep-dasar-object-oriented.html, diakses pada 5 November 2020.
Komentar
Posting Komentar