OBJECT ORIENTED PROGRAMMING - 1

LAPORAN PRAKTIKUM

PEMROGRAMAN WEB DINAMIS ( PMI1312 )

OBJECT ORIENTED PROGRAMMING - 1

Minggu 9

Dosen pengampu Tri Sandhika Jaya, S.Kom, M.Kom

 

 


NAMA       : AGA RIZALDO MAHENDRA

NPM           : 19753002

KELAS      : MI 3A

 

 

PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA

JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS

POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG

2020



 

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan yang berjudul Object Oriented Programming – 1 ini tepat pada waktunya.

 

Adapun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dosen bapak Tri Sandhika Jaya, S.Kom, M.Kom pada pemrograman web dinamis. Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

 

Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Tri Sandhika Jaya, S.Kom, M.Kom selaku dosen Pemrograman web dinamis yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.

 

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan ini.

 

Saya menyadari, laporan yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini.

 

 

Bandar Lampung,   November 2020

 

Penulis



BAB I

PENDAHULUAN

 

 

  Saat  ini  konsep object-oriented  programming (OOP) sudah  semakin  berkembang.  Hampir  setiap  perguruan tinggi di  dunia  mengajarkan  konsep OOP  pada  mahasiswanya.  Sejarah perkembangan OOP dimulai pada tahun 1966 saat Ole Johan Dhal dan Kristen Nygaard dari universitas Olslo, norwegia menerbitkan sebuah jurnal kertas kerja dengan judul "SIMULA An Algol Based Language". OOP merupakan  suatu  pendekatan  pemrograman  yang  menggunakan  object  dan class. Dalam  OOP,  setiap  bagian  dari  program  adalah object.  Sebuah  object mewakili  suatu  bagian  program  yang  akan  diselesaikan. Program  dalam  OOP  membungkus  (encapsulate)  data  dan  fungsi (atau prosedur) dalam suatu obyek yang umumnya diimplementasikan sebagai suatu kelas  (class).

 

Istilah-istilah yang akan sering dijumpai dalam OOP adalah Class, Object, Property, dan Method. Membuat aplikasi dengan menggunakan konsep OOP bisa diibaratkan dalam dunia  nyata  dengan  membuat  atau  memproduksi  mobil.  Yang mana  sebelum membuat mobil, diperlukan adanya desain atau sketsa tampilan mobil, inilah yang disebut  dengan Class. Sketsa  tersebut  menggambarkan  tentang  warna,  ukuran, jumlah  roda  dari  mobil,  inilah  yang  disebut  dengan Property.  Sketsa  tersebut  juga menjelaskan tentang apa yang nantinya bisa dilakukan oleh mobil seperti berjalan dengan  roda,  mengerem,  membunyikan  klakson  dsb..,  apa  yang  bisa  dilakukan  oleh  mobil  inilah  yang  disebut  dengan Method.  Kemudian,  sketsa  tersebut dikirimkan ke pabrik untuk dibuatkan bentuk fisiknya yaitu mobil, mobil – mobil hasil produksi inilah yang disebut dengan Object.

 

B.   PEMECAHAN MASALAH

Beberapa dari kami belum mengetahui apa itu Object Oriented Programming – 1.

C.  TUJUAN

Tujuan dari pembuatan laporan ini supaya memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen saya, dan dapat memahami apa itu Object Oriented Programming – 1.



 

 

Untuk dapat menguasai pemrograman Java, harus mengerti dengan baik konsep  pemrograman  berorientasi  objek,  karena  Java  merupakan  bahasa pemrograman berorientasi objek. Pada bagian ini akan dibahas konsep-konsep penting  dalam  pemrograman  berorientasi  objek, sehingga  diharapkan akan lebih mudah dalam mempelajari bahasa Java.  Beberapa konsep OOP dasar, antara lain Encapsulation (Class and Object), Inheritance (Penurunan sifat), Polymorphisme, Access Modify, Constructor, Destructor, Static Properties, super class serta sub class.




BAB III

HASIL DAN PEMBAHASAN

 

·         Buatlah sebuah kelas kendaraan kemudian deklarasikan property dengan nama berikut : jumlahroda, warna, bahanbakar, harga, dan merek.

 


·         Lalu tambahkan property tahunpembuatan

 


·         Buatlah function didalam kelas kendaraan dengan nama dapatSubsidi() untuk menentukan suatu kendaraan dapat subsidi BBM atau tidak. Kendaraan yang dapat subsidi adalah kendaraan yang berbahan bakar PREMIUM dan tahun pembuatan diatas 2005.

 


·         Buatlah function di kelas kendaraan untuk menentukan harga second dari kendaraan dengan nama hargaSecond(). Jika tahun pembuatannya 2005 ke atas, maka harga second turun 20% dari harga asli. Jika tahun pembuatannya 2000-2005, maka harga second turun 30% dari harga asli. Jika tahun pembuatannya 2000 kebawah, maka harga second turun 40% dari harga asli.

 


Dari class ‘kendaraan’ diatas, Buatlah obyek dengan beberapa property sbb.

Obyek

Merek

Jml roda

Harga

Warna

Bhn Bakar

$kendaraan2

Toyota Yaris

2

160000000

Merah

Premium

$kendaraan3

Honda Scoopy

4

13000000

Putih

Premium

$kendaraan4

Isuzu Panther

4

170000000

Hitam

Solar

 



1.        Perhatikan kembali soal latihan sebelum pada bab 5. Tampilkan stastus harga dari $kendaraan2, $kendaraan3, $kendaraan4

 


2.        Perhatikan kembali soal latihan pada bab 3 nomor 3. Tampilkan harga second dari $kendaraan2, $kendaraan3, $kendaraan4

 






Berdasarkan objek yang telah dibuat, tampilkan property setiap objek sedemikian hingga tampilan script apabila dijalankan di browser sebagai berikut:

·      Kendaraan Toyota Yaris, memiliki 4 roda, berbahan bakar Premium dan Harganya Rp. 160000000

·      Kendaraan Honda Scoopy, memiliki 2 roda, berbahan bakar Premium dan Harganya Rp. 13000000

·      Kendaraan Isuzu Panther, memiliki 4 roda, berbahan bakar Solar dan Harganya Rp. 170000000

 



Hasil :





BAB IV

PENUTUP

 

 

A.      KESIMPULAN

Object Oriented Programming (OOP) merupakan  suatu  pendekatan  pemrograman  yang  menggunakan  object  dan class. Dalam  OOP,  setiap  bagian  dari  program  adalah object.  Sebuah  object mewakili  suatu  bagian  program  yang  akan  diselesaikan. Program  dalam  OOP  membungkus  (encapsulate)  data  dan  fungsi (atau prosedur) dalam suatu obyek yang umumnya diimplementasikan sebagai suatu kelas  (class).




 

deslyanto-mangallo , Agustus 13, 2017 “MAKALAH KONSEP DASAR OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING (OOP).” http://deslyanto-mangallo.blogspot.com/2017 /08/makalah-konsep-dasar-object-oriented.html, diakses pada 5 November 2020.

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini