OBJECT ORIENTED PROGRAMMING - 3

LAPORAN PRAKTIKUM

PEMROGRAMAN WEB DINAMIS ( PMI1312 )

OBJECT ORIENTED PROGRAMMING - 3

Minggu 11

Dosen pengampu Tri Sandhika Jaya, S.Kom, M.Kom

 


NAMA       : AGA RIZALDO MAHENDRA

NPM           : 19753002

KELAS      : MI 3A

 

 

PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA

JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS

POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG

2020


KATA PENGANTAR

 

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan yang berjudul Object Oriented Programming 3 ini tepat pada waktunya.

 

Adapun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dosen bapak Tri Sandhika Jaya, S.Kom, M.Kom pada pemrograman web dinamis. Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

 

Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Tri Sandhika Jaya, S.Kom, M.Kom selaku dosen Pemrograman web dinamis yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.

 

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan ini.

 

Saya menyadari, laporan yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini.

 

 

Serang,   November 2020

 

Penulis



BAB I

PENDAHULUAN

 

 

  Saat  ini  konsep object-oriented  programming (OOP) sudah  semakin  berkembang.  Hampir  setiap  perguruan tinggi di  dunia  mengajarkan  konsep OOP  pada  mahasiswanya.  Sejarah perkembangan OOP dimulai pada tahun 1966 saat Ole Johan Dhal dan Kristen Nygaard dari universitas Olslo, norwegia menerbitkan sebuah jurnal kertas kerja dengan judul "SIMULA An Algol Based Language". OOP merupakan  suatu  pendekatan  pemrograman  yang  menggunakan  object  dan class. Dalam  OOP,  setiap  bagian  dari  program  adalah object.  Sebuah  object mewakili  suatu  bagian  program  yang  akan  diselesaikan. Program  dalam  OOP  membungkus  (encapsulate)  data  dan  fungsi (atau prosedur) dalam suatu obyek yang umumnya diimplementasikan sebagai suatu kelas  (class).

 

Istilah-istilah yang akan sering dijumpai dalam OOP adalah Class, Object, Property, dan Method. Membuat aplikasi dengan menggunakan konsep OOP bisa diibaratkan dalam dunia  nyata  dengan  membuat  atau  memproduksi  mobil.  Yang mana  sebelum membuat mobil, diperlukan adanya desain atau sketsa tampilan mobil, inilah yang disebut  dengan Class. Sketsa  tersebut  menggambarkan  tentang  warna,  ukuran, jumlah  roda  dari  mobil,  inilah  yang  disebut  dengan Property.  Sketsa  tersebut  juga menjelaskan tentang apa yang nantinya bisa dilakukan oleh mobil seperti berjalan dengan  roda,  mengerem,  membunyikan  klakson  dsb..,  apa  yang  bisa  dilakukan  oleh  mobil  inilah  yang  disebut  dengan Method.  Kemudian,  sketsa  tersebut dikirimkan ke pabrik untuk dibuatkan bentuk fisiknya yaitu mobil, mobil – mobil hasil produksi inilah yang disebut dengan Object.

 

B.     PEMECAHAN MASALAH

Beberapa dari kami belum mengetahui apa itu Object Oriented Programming – 3.


Tujuan dari pembuatan laporan ini supaya memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen saya, dan dapat memahami apa itu Object Oriented Programming – 3.




BAB II

LANDASAN TEORI

 

 

Untuk dapat menguasai pemrograman Java, harus mengerti dengan baik konsep  pemrograman  berorientasi  objek,  karena  Java  merupakan  bahasa pemrograman berorientasi objek. Pada bagian ini akan dibahas konsep-konsep penting  dalam  pemrograman  berorientasi  objek, sehingga  diharapkan akan lebih mudah dalam mempelajari bahasa Java.  Beberapa konsep OOP dasar, antara lain Encapsulation (Class and Object), Inheritance (Penurunan sifat), Polymorphisme, Access Modify, Constructor, Destructor, Static Properties, super class serta sub class.




BAB III

HASIL DAN PEMBAHASAN

 

A.    MENAMPILKAN DATA

1.    Input data di Database

·      Pastikan service mysqli sudah aktif, lalu silahkan masuk ke phpmyadmin dengan mengetikkan localhost/phpmyadmin di browser, lalu silahkan pilih database yang sebelumnya sudah kita buat, dalam contoh ini nama databasenya adalah db_barangku.

·      Lalu silahkan tambahkan beberapa data didalamnya, untuk bagian id_barang kita biarkan kosong, karena kolom id_barang bernilai auto increment, setelah barang diinput klik tombol Kirim



2.    Tampilkan data dengan koneksi mysql

·      Kita akan modifikasi file koneksi2.php yang sebelumnya telah kita buat di tutorial sebelumnya hanya berisi class saja, perhatikan skrip dibawah ini :

 


·      Setelah kita memodifikasi file koneksi.php berikutnya silahkan buat file dengan nama tampil_data.php yang kita letakkan di 1 folder yang sama dengan file koneksi2.php pada file tampil_data.php kita berikan skrip seperti dibawah ini :



Hasil :



1.    Membuat form tambah data

·      Berikutnya kita membuat file dengan nama tambah_data.php yang berisi form untuk menambah data, untuk isi skrip tambah_data.php berikut ini :

 


2.    Membuat file proses_barang.php untuk memproses data

·      Berikutnya kita akan membuat file dengan nama proses_barang.php file ini digunakan untuk memproses inputan form, isi dari code file proses_barang.php adalah :



Hasil :




1.    Membuat form edit

·      Langkah berikutnya silahkan buat file dengan nama edit.php, dan isi codenya adalah sebagai berikut :

 


Hasil :





D.    DELETE

1.    Membuat tombol hapus pada list data

·      Langkah awal kita perlu membuat tombol untuk delete data, silahkan buka file tampil_data.php yang sebelumnya telah kita buat, lalu tambahkan tombol delete, perhatikan skrip dibawah ini :




Hasil :




BAB IV

PENUTUP

 

 

A.      KESIMPULAN

Object Oriented Programming (OOP) merupakan  suatu  pendekatan  pemrograman  yang  menggunakan  object  dan class. Dalam  OOP,  setiap  bagian  dari  program  adalah object.  Sebuah  object mewakili  suatu  bagian  program  yang  akan  diselesaikan. Program  dalam  OOP  membungkus  (encapsulate)  data  dan  fungsi (atau prosedur) dalam suatu obyek yang umumnya diimplementasikan sebagai suatu kelas  (class).




DAFTAR PUSTAKA

 

deslyanto-mangallo , Agustus 13, 2017 “MAKALAH KONSEP DASAR OBJECT-ORIENTED PROGRAMMING (OOP).” http://deslyanto-mangallo.blogspot.com/2017 /08/makalah-konsep-dasar-object-oriented.html, diakses pada 5 November 2020.

 

Warungbelajar.com , April 8, 2019 “TUTORIAL PHP PART 41 – MEMBUAT CRUD DENGAN PHP DAN MYSQLI DENGAN KONSEP OOP – MENAMPILKAN DATA ” https://www.warungbelajar.com/membuat-crud-dengan-php-dan-mysqli-dengan-konsep-oop-menampilkan-data.html, diakses pada 19 November 2020.

 

Warungbelajar.com , April 10, 2019 “TUTORIAL PHP PART 42 – MEMBUAT CRUD DENGAN PHP DAN MYSQLI DENGAN KONSEP OOP – MENAMBAH DATA” https://www.warungbelajar.com/membuat-crud-dengan-php-dan-mysqli-dengan-konsep-oop-menambah-data.html, diakses pada 19 November 2020.

 

Warungbelajar.com , April 20, 2019 “TUTORIAL PHP PART 43 – MEMBUAT CRUD DENGAN PHP DAN MYSQLI DENGAN KONSEP OOP – MENGUPDATE DATA” https://www.warungbelajar.com/membuat-crud-dengan-php-dan-mysqli-dengan-konsep-oop-mengupdate-data.html, diakses pada 19 November 2020.

 

Warungbelajar.com , May 13, 2019 “TUTORIAL PHP PART 44 – MEMBUAT CRUD DENGAN PHP DAN MYSQLI DENGAN KONSEP OOP – DELETE DATA” https://www.warungbelajar.com/tutorial-php-part-44-membuat-crud-dengan-php-dan-mysqli-dengan-konsep-oop-delete-data.html, diakses pada 19 November 2020.

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini